Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

September 01, 2017
بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ الرَّحِيم

Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan - Dewasa kini, popularitas buah manggis kian menanjak karena kandungan sehatnya yang banyak diberitakan pada pariwara dan tayangan komersial di televisi. Buah yang dikenal dengan nama ilmiah Garcinia mangostana ini disebut-sebut endemik di kawasan Asia Tenggara, yang meliputi Indonesia, Thailand, Vietnam, dan Malaysia serta di beberapa wilayah Afrika. Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan, buah manggis juga ternyata bermanfaat bagi kecantikan wajah Anda. Kekayaannya akan mafaat inilah yang membuat buah manggis dijuluki The Queen of Tropical Fruits.

Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan
Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan


Nah, apa saja sih manfaat buah manggis untuk kesehatan tubuh dan wajah? Untuk mengetahuinya, yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini :

Manfaat Buah Manggis untuk Kesehatan

1. Melancarkan sirkulasi darah

Manfaat buah manggis untuk kesehatan yang pertama adalah melancarkan sirkulasi darah di dalam tubuh. Pasalnya, kandungan xanthones pada buah manggis dapat membantu tubuh Anda dalam menghambat agregasi platelet -yang bisa menyumbat pembuluh darah. Hal inilah yang kemudian memperlancar sirkulasi darah Anda. Tak hanya itu, peredaran darah yang lancar ternyata dapat pula mencegah terjadinya katarak pada mata.

2. Menurunkan tekanan darah

Tak hanya itu, kandungan xanthones di dalam buah manggis juga dapat menurunkan tekanan darah Anda. Karenanya, buah manfaat buah manggis untuk kesehatan dapat pula dikatakan baik untuk dikonsumsi oleh penderita hipertensi. Tak hanya itu, kandungan xanthones ini baik pula untuk trombosis Anda.

3. Menangkal radikal bebas

Manfaat buah manggis untuk kesehatan yang selanjutnya adalah untuk menangkal radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh Anda. Kandungan antioksidannya –xanthones– dapat menangkal radikal bebas tersebut, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tak hanya itu, kandungan xanthones dapat pula membantu dalam memperlambat penuaan, menangkal penyakit, serta mengontrol penyakit degeneratif, seperti radang sendi atau arthritis. Hebat, bukan?

4. Mencegah penyebaran kanker

Penelitian terbaru telah menunjukkan bahwa buah manggis ternyata memiliki manfaat positif dalam mencegah penyebaran kanker, termasuk kanker hati dan payudara. Kandungan xanthones telah dibuktikan efektif dalam mencegah pembelahan sel-sel kanker payudara sehingga mempercepat kepunahannya pada tubuh Anda. Sebagai penguat fakta ini, sebuah hasil penelitian yang diterbitkan pada Journal of Ethnopharmacology di bulan Januari 2004, menyatakan bahwa ekstrak buah manggis memang dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker payudara dengan mengubah DNA sel-sel kanker tersebut.

5. Menurunkan berat badan

Manfaat buah manggis untuk kesehatan yang kelima adalah untuk menurunkan berat badan. Pasalnya, buah manggis mengandung kalori yang sangat rendah, yaitu hanya sekitar 63 kalori dalam setiap 100 gram-nya. Tak hanya itu buah manggis juga kaya akan serat dan tidak mengandung kolesterol atau lemak jenuh, sehingga baik untuk menu diet Anda yang ingin menurunkan berat badan.

6. Mengatasi masalah kulit

Tahukah Anda bahwa buah manggis memiliki sifat anti-mikroba dan antibakteri? Kedua sifat inilah yang dikatakan efektif untuk mengobati beragam masalah kulit, seperti jerawat, noda hitam, kulit berminyak, serta kulit kering. Tak hanya itu, buah manggis juga kaya akan senyawa saton yang dapat memperbaiki sel-sel yang rusak serta menyembuhkan penyakit kulit. Tak hanya itu, kandungan antioksidan-nya juga bagus untuk mencegah penuaan dini, lho!

7. Mencegah dan mengobati penyakit jantung

Manfaat buah manggis untuk kesehatan yang terakhir adalah mencegah terjadinya penyakit jantung. Telah disebutkan sebelumnya bahwa kandungan xanthones dalam buah manggis dapat mencegah penyumbatan pada sirkulasi darah. Nah, penyumbatan inilah penyebab paling umum dari terjadinya penyakit jantung. Karenanya, jika peredaran darah Anda lancar, akan lebih kecil risiko Anda untuk terkena penyakit jantung.

Nah, itulah 7 manfaat buah manggis untuk kesehatan yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!(Buah Manggis)
ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين

Artikel Terkait

Previous
Next Post »